Kerja sama yang dibangun Kaukus Penyelamat Demokrasi sebagai poros baru dalam menjalankan amanat reformasi rupanya tidak hanya gertak sambal belaka. Setelah menyapu bersih pimpinan Alat Kelengkapan DPRD Kota Tidore Kepulauan, Kini kakus bergerak maju dalam menyikapi pemilihan kepala daerah 2020 mendatang.

Bertempat di Safira Beach petang tadi, Kaukus yang terdiri dari 12 partai politik ini melaksanakan consensus politik bersama 5 kandidat Walikota serta 2 wakil walikota Tidore Kepulauan.

Pertemuan tersebut telah merumuskan beberapa kesepahaman bersama, mulai dari menyepakati model pertarungan bahkan menyiapkan strategi taktis dalam meminimalisir pragmatisme politik.

Ketua DPD Partai Hanura Maluku Utara, Basri Salama ditunjuk untuk menyampaikan hasil pertemuan bersama kandidat-kandidat yang sebelumnya digelar di tempat yang sama.

“Kami telah bersepakat bahwa pertarungan 2020 mendatang hanya dua kandidat” ujarnya didepan 12 ketua – ketua partai politik di Kota Tidore Kepulauan yang tergabung dalam Kaukus Penyelamat Demokrasi petang tadi. Jumat,19 Oktober 2019.

Selain itu, Basri yang merupakan salah satu bakal calon Walikota Tidore Kepulauan ini, menyebut bahwa hasil pertemuan sebelumnya bersama kandidat – kandidat menyepakati dilakukan survei untuk memastikan kekuatan masing-masiing calon.

“mekanisme surveinya, kami serahkan ke Kauks, tapi yang pasti kami siap bekerja sama jika hasil survei menunjuk satu orang bahkan satu pasangan calon untuk bertarung melawan petahana nantinya” tegasnya.

Bahkan, lanjut Ko Bas sapaan akrab Basri Salama, menjelaskan bahwa apabila hasil survei keluar namun salah satu pasangan calon telah mengantongi rekomendasi partai, maka bakal calon tersebut siap legowo jika hasil surveinya masih dibawah rata-rata.

Menanggapi hal itu, Koordinator Kaukus, Mochtar Djuamati dalam pertemuan tersebut mengapresiasi para bakal calon yang telah berembuk sebelumnya. Dirinya menegaskan kepada bakal calon agar mengedepankan politik gagasan sebagai langkah menuju Tidore yang lebih baik lagi.

“pertarungan mendatang harus mengedepankan politik gagasan, agar selain memperbaiki citra demokrasi, Politik gagasan juga upaya untuk meminimalisir pragmatisme politik” tegasnya

Mochtar yang juga Ketua DPD Nasdem Tikep ini berharap, Kaukus terus solid dalam mengawal agenda perubahan dapalam proses pembangunan menuju Tidore yang maju dan berkeadilan.

“dari setiap pertemuan, masyarakat sangat berharap Kaukus terus solid dalam mengawal agenda perubahan” ujarnya menyampaikan keluhan masyarakat yang ditemuinya.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Ratna Namsa (Ketua PAN), Mochtar Djumati (Ketua DPD NasDem), Abubakar Nurdin (Ketua Perindo), Murad Polisiri (Ketua PKB), Nurdin (Ketua PKS), Naser Robo (Sekertaris Golkar), Mardianto (Ketua PBB), Amir Djabar (Ketua OKK Partai Demokrat), Abdul Haris (Ketua PPP), Yusuf Bahta (Sekertaris Gerindra), serta perwakilan Partai Berkarya dan Partai Garuda.

Red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here