Saat kita membicarakan tentang kedaulatan rakyat, berarti kita membicarakan tentang salah satu elemen negara, yaitu rakyat. Lalu apa bedanya rakyat, penduduk, warga negara, dan masyarakat? Semua istilah tersebut terlihat hampir sama. Lalu apa yang membedakan? Mengapa kita hanya bisa menggunakan kata rakyat untuk kedaulatan rakyat, bukan kedaulatan penduduk dan seterusnya? Apabila dilihat dari arti katanya, penduduk adalah orang yang bertempat tinggal di suatu wilayah. Sedangkan warga negara adalah orang yang bertempat tinggal dalam suatu negara yang memiliki hak dan kewajiban terhadap negaranya. untuk masyarakat, masyarakat adalah sekelompok orang yang tinggal bersama di suatu daerah tertentu dan mempunyai nilai yang digunakan bersama-sama. Untuk pengertian rakyat, rakyat adalah bagian dari suatu negara yang tunduk pada satu pemerintahan. Karena kedaulatan rakyat berada dalam konteks yang erat kaitannya dengan hukum dan pemerintahan, maka itulah alasannya mengapa kita disini menggunakan istilah kedaulatan rakyat. Lebih jauh lagi dalam tulisan ini kita akan mendiskusikan konsep mengenai dari kedaulatan rakyat Pribumi Indonesia yang kemudian terkebiri hak – haknya dalam bernegara. Sebut saja saat ini UUD 1945 Asli telah teramandemenkan sehingga banyak hak pribumi dikaburkan dan tergantikan dengan konsep warga Negara Indonesia yang nota beningnya adalah warga negara asing yg kemudian diakomodir memiliki hak-hak politik di NKR, yang suatu ketika akan menguasai Republik ini. Sebut saja contoh yg terjadi di Negara tetangga kita Singapur yang hari ini masyarakat asli Melayu terdegradasi dari bumi tanah tumpah daranya sendir, akibat pemberlakuan warga negara bukan warga negara asli

Apakah NKRI harus demikian kah?

Lalu masikah kawan- kawan Kader Bela Negara di republik ini belum bangun dan sadar dari tidurnya kah?
Perlu disadari bahwa FBN adalah kumpulan komponen masyarakat intelek pribumi Indonesia yang seharusnya menjadi organ yg resmi yang harus berpikir maju dalam melinhat konteks kedaulatan pribumi Indonesia demi kejayaan Kedaulatan Rakyat Pribumi Indonesia sehingga kedepan kedaulatan rakyat Pribumi Indonesia tidak terdegradasi layaknya yang terjadi di negara lain semisal Singapura.

Semoga kita satu untuk lebih kuat dalam menjaga kedaulatan rakyat Pribumi Indonesia sehingga tidak tergadaikan oleh pihak asing dan aseng.

Salam Bela Negara

Ambon, Oktober 2019
Ketua FBN Provinsi Maluku

Pati Talaohu, S.Pd

“edited by Jarrak”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here